Skip links

Tingkatkan SDM Ilmu Administrasi Pemeriksa, FIA UI Jalin Kerja Sama dengan BPK RI

Fakultas Ilmu Adminstrasi Universitas Indonesia (FIA UI) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama pada Kamis, 14 April 2022 di Badan Pemeriksa Keuangan, Jakarta. Dalam seremoni kesepakatan kerja sama kedua belah pihak tersebut, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro S.E, M.A, Ph.D, menyampaikan bahwa universitas tidak bisa lagi hanya mengkonsentrasikan diri pada kegiatan akademis maupun publikasi. Dengan demikian, konsep perguruan tinggi sebagai menara gading, pelan-pelan akan ditinggalkan.

“Tidak lagi hanya kegiatan akademik, tapi juga butuh reputasi melalui kerja sama atau kolaborasi dengan berbagai lembaga,” ujarnya. Rektor UI juga sempat menyinggung mengenai kesuksesan FIA UI menjadi peringkat 1 di Indonesia, ke-5 di ASEAN, serta berada di peringkat ke-51-100 di dunia.

Setelah itu, acara dilanjut kan dengan penyampaian sambutan dari Ketua BPK yang menyampaikan bahwa pelaksanaan penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU yang ditandatangani oleh BPK dan UI pada 31 Agustus 2000 lalu. “Ini merupakan langkah untuk meningkatkan sinergi dan koordinasi dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, serta meningkatkan kapasitas kelembagaan di BPK,” katanya. Ketua BPK sempat menyinggung mengenai kerja sama BPK dengan Fakultas Ilmu Komputer UI untuk membentuk sistem Big Data guna meningkatkan kinerja pemeriksa BPK.

“BPK bersama FIA UI berencana untuk membentuk program Adminsitrasi Pengawasan di FIA untuk melengkapi standar akuntansi pemerintah dimana nantinya akan ada gelar akademik dari UI sekaligus gelar profesional dari BPK bagi para mahasiswanya. Ini semua kita lakukan untuk tata kelola yang lebih baik, untuk Indonesia yang lebih baik,” ujarnya lagi.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Badan Pemeriksa Keuangan dan Universitas Indonesia tersebut dilakukan oleh Dekan FIA UI Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., M.M. dan Sekretaris Jenderal Badan Pemeriksa Keuangan (Sekjen BPK) Bahtiar Arif. Selain dihadiri oleh Dr. Agung Firman Sampurna,  Prof. Ari Kuncoro, Prof. Dr. Chandra Wijaya, dan Bahtiar Arif, pada kesempatan yang sama hadir pula, Kepala Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi, dan Pengembangan Pemeriksaan Keuangan Negara Bernardus Dwita Pradana S.E., Me-Comm., QIA, CSFA, CPA, Ak., ACPA, CFrA, CKM., Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK RI Dori Santosa, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FIA UI, Dr. Milla Sepliana Setyowati, Sekretaris Pimpinan FIA UI Dr. Umanto, M.Si.

This post is also available in: English