Skip links

Imagine The Future,

Fill In The Gaps

Innovation Fact

Jumlah KI Kumulatif 2015-2021

  • 2015
  • 2016
  • 2017
  • 2018
  • 2019
  • 2020
  • 2021

Fokus Inovasi UI berdasarkan Konsentrasi Paten Pada Tahun 2020-2021

Rekayasa Keteknikan
Kesehatan
Transportasi
Kemaritiman
Energi
Pangan
Pertahanan Kemamanan
Lintas Disiplin
Social Humaniora

Roadmap ISTP

Pengelolaan suatu organisasi membutuhkan perencanaan yang komprehensif yang dapat menerjemahkan visi organisasi ke dalam tahap tahap kegiatan yang jelas, terukur, dan mudah dipahami oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Roadmap (peta jalan) merupakan suatu instrumen perencanaan strategis yang memetakan secara utuh visi organisasi dan strategi yang dibutuhkan untuk mewujudkannya sebagai pemandu para pihak dari waktu ke waktu.

Roadmap Inovasi dan Science Techno Park merupakan dokumen perencanaan strategis yang disusun oleh Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia (UI) untuk mewujudkan visi pengembangan inovasi dan Science Techno Park UI selama 5 tahun ke depan (2020-2024).

UI Innovation

DISTP UI

Direktorat Riset dan Pengembangan (Risbang) merupakan direktorat dalam lingkungan Pusat Administrasi Universitas Indonesia memiliki tugas pokok mengelola kegiatan riset dan pengembangan yang bersifat multidisiplin, intradisiplin, dan transdisiplin di lingkungan Universitas Indonesia.

Paten

Pengajuan hak paten inovasi/ penemuan yang dilakukan oleh peneliti-peneliti di lingkup Universitas Indonesia bisa anda dapatkan di laman situs Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia yang juga kerap disingkat dengan DISTP

Innovation Product

mhw

MHW (Movable Hand  Washer) FTUI

Deskripsi Produk

Salah satu upaya untuk mencegah  penyebaran Covid-19 adalah perilaku hidup  bersih dan sehat (PHBS), yaitu dengan rajin  mencuci tangan menggunakan sabun dan  air mengalir. Mencuci tangan diyakini dapat  mencegah masuknya virus dan bakteri

lain ke dalam tubuh kita. Kolaborasi antara  Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia  (FKUI) dan Fakultas Teknik Universitas  Indonesia (FTUI) yang didukung penuh oleh  Ikatan Alumni (ILUNI) FKUI dan ILUNI FTUI  berhasil mengembangkan alat pencuci  tangan portable yang dinamakan “Moveable  Hand Washer (MHW)”.

Keberadaan alat ini diharapkan dapat  mencegah dan menghentikan rantai  penularan Covid-19 di masyarakat. Hadirnya  alat ini juga dapat menjadi salah satu solusi alternatif apabila terjadi kelangkaan  bahan hand-sanitizer.

hfnc

High Flow Nasal Cannula  (HFNC)

Deskripsi Produk

Dalam situasi pandemi COVID-19, Fakultas  Teknik Univeristas Indonesia, Fakultas  Kedokteran Universitas Indonesia, RSUP  Persahabatan dan Politeknik Industri  Akademi Tehnik Mesin Industri (ATMI)  Cikarang berkolaborasi mengembangkan  alat terapi oksigen aliran tinggi. Metode  terapi oksigen aliran tinggi (High Flow  Oxygen Therapy, HFOT) merupakan

salah satu metode non-infasif yang dapat  digunakan untuk membantu pernafasan  pasien positif COVID-19 pada tahap awal.  Salah satu cara untuk menghantarkan  oksigen aliran tinggi kepada pasien adalah  menggunakan canula hidung atau Nasal  Cannula, oleh karena itu alat yang bekerja  memanfaat prinsip HFOT sering disebut  sebagai High Flow Nasal Cannula (HFNC).

propolis indonesia

Propolis Indonesia  Sebagai Terapi Covid-19

Deskripsi Produk

Propolis Indonesia ini berasal dari lebdh tidak menyengat Tetragonula spp. Asal Sulawesi  Selatan. Propolis ini memiliki telah terbukti memiliki aktivitas iImmunomodulator,  antiinflammasi

sehingga dapat digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  Propolis Indonesia ini sedang diuji sebagai terapi pendamping dalam pengobatan  Covid-19. Selain di Indonesia, propolis juga sedang diuji klinik di Brazil.

Saat ini beberapa negara tengah mengembangkan obat dan vaksin untuk COVID-19.  Salah satunya adalah China yang mengembangkan obat berdasarkan penelitian yang  dipublikasikan oleh Prof. Yang dari Shanghai Tech University pada Januari 2020.

bilik disinfeksi

BILIK DESINFEKSI  (PUVICON BDC-01/02)

Kegunaan dan Prinsip Kerja

Bilik Desinfeksi BDC-01/BDC-02 dirancang secara  khusus sebagai ruang untuk melakukan desinfeksi  dan sterilisasi “tubuh manusia bagian luar”, yaitu  pakaian dan kulit atau tubuh terluar (termasuk  rambut, kepala, mata, hidung, mulut, tangan, dan  kaki) tanpa menggunakan media desinfeksi dan  sterilasi berwujud cair sedemikian rupa sehingga  tubuh dapat terbebas dari mikroba (virus dan jamus)  dalam waktu paparan desinfeksi dan sterilisasi  tertentu yang terukur dan diaplikasikan di dalam  Bilik Desinfeksi.

Media Desinfeksi

Media desinfeksi dan sterilisasi yang digunakan  adalah dalam “wujud gas dan plasma dingin”  yang diproses dengan Teknologi PUVICO3, yaitu

pembersihan dan sterilisasi udara sekaligus ozonasi  ringan (mild ozonation) diikuti dengan injeksi Plasma  Anion (ion negatif) secara kontinyu dan simultan di  dalam LTC (ruang trapesoida kiri) dan RTC (ruang  trapesioda kanan). Di dalam LTC dipasang lampu TL  UV-C 254 nm 36 W dan Generator Plasma Anion yang  mampu menghasilkan partikel (ion) lebih dari 20106 ion negatif per cm3 di sepanjang lintasan yang  dilewatinya.

bilik swabtest

Bilik Swab Test  COVID 19

Deskripsi Produk

Tim Riset Bilik Swab Test COVID – 19 UI  yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu (dari

Fakultas Kedokteran, Fakultas Tekni dan RSUI)  mengembangkan bilik swab-test ditujukan  untuk memenuhi kebutuhan keamanan kerja  para tenaga medis. Dengan bilik swab ini akan  menurunkan penggunaan APD yang kurang  nyaman digunakan berjam-jam oleh tenaga  medis.

Penggunaan bilik ini diharapkan dapat  mengatasi masalah tersebut karena tenaga  medis tidak perlu lagi memakai APD level 3.  Material bilik yang digunakan memiliki jenis  yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya  yang dimana,rangka menggunakan aluminium  agar ringan dan tahan karat, HPL (High Pressure  Laminate) sebagai dinding bilik sehingga

tidak dapat menyerap cairan dan mudah  untuk dibersihkan, dan akrilik sebagai panel  interface karena relative tidak mudah pecah  dan dibandingkan dengan material kaca.

Bilik  swab dilengkapi dengan sistem pengaturan  udara sehingga menghasilkan tekanan positif  pada bilik dengan kondisi pengaturan udara  seperti di ruang operasi Tekanan positif pada  bilik swab diperoleh dari FFU (Fan Filter Unit)

kodc dengue

KODC DENGUE

Deskripsi Produk

KODC DENGUE merupakan kit in vitro diagnostic dini dan cepat untuk infeksi virus dengue (DENV) yang dikembangkan oleh PT Konimex menggunakan lisensi paten dari Departemen Mikrobiologi FKUI dan IMERI.

Sistem deteksi KODC DENGUE berbasis deteksi protein NS-1 DENV dikembangkan menggunakan antibodi yang diinduksi DENV strain Indonesia. Alat ini diharapkan mampu mendeteksi virus DENV yang beredar di Indonesia. Beberapa keunggulannya adalah: Pertama, cepat karena hanya memerlukan waktu 15 menit dalam menentukan ada tidaknya infeksi DENV.

Kedua, sensitif karena berbasis strain DENV yang beredar di Indonesia. Ketiga, spersifik karena dikembangkan berdasarkan epitope DENV yang tidak cross reaksi dengan virus lain. Keempat, relatif murah karena produksi dalam negeri, dan juga dapat mendeteksi infeksi DENV dengan berbagai macam tipe spesimen yaitu plasma, serum, dan whole blood.

KODC DENGUE berpotensi digunakan oleh seluruh penduduk di daerah tropis yang berisiko terinfeksi dengue. Produk ini dapat diaplikasikan di rumah sakit, klinik, maupun laboratorium yang memiliki fasilitas pengambilan darah dari pasien.

Kaleidoskop 2021 Bidang Riset & Inovasi

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

This post is also available in: English