iden sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Fasilitas

  • Perpustakaan UI
  • Olahraga
  • Seni & Budaya
  • Akomodasi
  • Transportasi
  • Kesehatan
  • Bank
  • Kuliner

Perpustakaan UI

Perpustakaan Universitas Indonesia adalah salah satu unit pendukung utama kegiatan akademik (pembelajaran, pengajaran dan penelitian). Perpustakaan UI memiliki sekitar 1,5 juta koleksi yang disimpan di Perpustakaan UI dan di beberapa perpustakaan fakultas. Sebagai unit pendukung pengajaran dan penelitian, Perpustakaan UI terus berusaha mengembangkan diri dengan menambah koleksi-koleksi terbaru, melanggan berbagai online databases, mengembangkan sistem, serta memberikan layanan prima kepada pengguna. Saat ini Perpustakaan UI merupakan salah satu perpustakaan rujukan bagi perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan menjadi trend setter dalam pengembangan perpustakaan di Indonesia.

Perpustakaan UI

Olahraga

  • Stadion UI
    Stadion Universitas Indonesia telah menjelma menjadi salah satu pusat olahraga dengan fasilitas nomor satu di Kota Depok. 
    • Running Track
      UI memfasilitasi setiap kegiatan ekstra kurikuler yang mendorong potensi dan prestasi mahasiswa dengan semangat yang positif, kompetitif dan jiwa yang sportif. Salah satunya adalah running track yang ada di Stadion UI.
    • Soccer Field
      Dengan menggunakan rumput sintetis, lapangan sepakbolanya sangat baik untuk digunakan pada saat panas maupun hujan. Lintasan atletiknya pun mengunakan karet sehingga lebih aman untuk digunakan para mahasiswa untuk berlatih maupun bertanding. Lampu stadion juga siap menerangi kegiatan olahraga saat matahari terbenam.
  •  
  • Felfest UI
    Felfest UI atau Felicity Festival UI merupakan salah satu fasilitas Universitas Indonesia untuk mendukung kegiatan dan program kampus. Felfest ini sebelumnya khusus untuk kegiatan mahasiswa, dosen, dan member saja. Tapi, saat ini Felfest sudah dibuka untuk umum.  Felfest UI menyediakan berbagai macam fasilitas di dalamnya, di antaranya meeting point, lakeside gathering indoor dan outdoor, sebagai weeding venue, dan fasilitas olahraga seperti lapangan golf driving range, panahan, dan kolam renang.
    • Golf Driving Range
    • Swimming Pool

 

  • SOR UI
    Pembangunan SOR UI merupakan upaya UI dalam memfasilitasi setiap kegiatan ekstra kurikuler sivitas akademika untuk mendorong potensi dan jiwa sportif. SOR Zona 1 akan memiliki 2 Indoor Hall yang masing-masing terdiri atas 3 lapangan multisport sehingga akan tersedia total 6 lapangan. Lapangan multisport SOR UI Zona 1 akan mengakomodasi olahraga Futsal, Basket dan Volley. Selain itu akan ditunjang dengan fasilitas lainnya seperti Toilet & Kamar Mandi ; Ruang Ganti & Locker room ; Gudang ; Mushola dan Tangga & Ramp untuk memfasilitasi penyandang disabilitas.
    • Futsal
    • Basketball
    • Volley Court
SOR UI

 

  • Gymnasium UI
    Gymnasium UI merupakan fasilitas olahraga indoor yang mencakup lapangan voli dan lapangan bulu tangkis. Gymnasium UI sering dijadikan tempat perlombaan bola voli dan bulu tangkis antar fakultas di UI.
    • Badminton
    • Volley Court

 

  • Soccer Field

 

  • Tennis Court

Seni & Budaya

  • Makara Art Center
    Makara Art Center adalah sebuah gedung yang terletak di dekat Danau Kenanga UI yang merupakan pusat kegiatan seni yang dibangun UI untuk dipergunakan bagi mahasiswa maupun masyarakat umum. Gedung ini dibuat dengan tujuan agar para pengunjung bisa menikmati pertunjukan seni dari lantai atas atau rooftop. Fasilitas yang tersedia di antaranya adalah perangkat akustik, gallery yang dapat menampung kurang lebih 100 lukisan berukuran besar, ruang latihan seni pertunjukan, dan ruang workshop. Pembangunan MAC UI ini dimaksudkan agar kawasan ini dapat berkembang layaknya Taman Ismail Marzuki.
  • Pusgiwa UI
    Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UI terdiri dari delapan lantai yang dipergunakan sebagai tempat kegiatan mahasiswa Universitas Indonesia dan tempat kerja staf-staf Universitas Indonesia. Mengambil konsep green building, gedung ini hemat energi dan ramah terhadap mahasiswa difabel. Gedung ini diharapkan akan memacu mahasiswa untuk lebih berprestasi lagi, karena selain terkesan modern, gedung ini juga mengedepankan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Kepindahan Direktorat Kemahasiswaan dan Direktorat Alumni ke gedung Pusgiwa juga diharapkan akan mempermudah jalur koordinasi antara mahasiswa dengan birokrat kampus dalam menjalankan fungsinya masing-masing.

Akomodasi

  • Wisma Makara
    Wisma Makara yang terletak di kawasan kampus Universitas Indonesia Depok merupakan salah satu sarana akomodasi terbaik di daerah Jakarta Selatan dan Kota Depok. Tempat yang sangat cocok untuk berbagai kegiatan seperti seminar, pelatihan, diklat, workshop, lokakarya dan berbagai jenis kegiatan lainnya. Lokasinya berada di lingkungan hutan karet yang asri dan danau yang membiru di sekitarnya membuat suasana menjadi begitu tenang, sejuk, dan nyaman. Tempat ini akan sangat menunjang kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan, terlebih bagi Anda yang memerlukan ketenangan untuk beristirahat.
  • Dormitory
    Asrama UI Depok sangat familiar dikenal sebagai tempat tinggal bagi mahasiswa UI yang berasal dari luar Kota Depok atau Jakarta. Asrama di lingkungan kampus Depok ini memang sengaja disediakan bagi mahasiswa asal daerah yang sedang menuntut ilmu di UI agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan di kampus. Asrama menyediakan pilihan kamar standar (non-AC), kamar AC atau kamar VIP. Asrama mahasiswa UI memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap, antara lain kantin, gazebo, minimarket, lapangan basket dan futsal, televisi umum, kios foto kopi, serta kios laundry. Terdapat pula pangkalan ojek yang beroperasi selama 24 jam untuk mendukung kelancaran transportasi mahasiswa sehingga para mahasiswa bisa beraktivitas dengan mudah. Berdasarkan aturan yang berlaku, mahasiswa yang ingin tinggal di asrama harus mengajukan permohonan izin tinggal ke fakultas terlebih dahulu.

Transportasi

  • UI Station (Commuter line)
    Stasiun Universitas Indonesia atau Stasiun UI merupakan stasiun kereta api kelas I yang terletak di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +74 m ini hanya melayani KRL Commuter Line, berada tepat di daerah kampus Universitas Indonesia, serta merupakan stasiun kereta api yang letaknya paling utara di Jawa Barat untuk lintas Manggarai-Bogor-Padalarang, tepatnya di Kota Depok. Pengguna KRL di stasiun ini didominasi oleh mahasiswa Universitas Indonesia dan masyarakat lokal yang tinggal di sekitar wilayah kampus tersebut.

 

  • Bikun (UI Yellow Bus)
    Universitas Indonesia menyediakan 13 unit bus kampus untuk melayani kebutuhan transportasi mahasiswa di dalam kampus. Bus-bus kuning tersebut secara rutin akan melayani rute di dalam kampus mulai pukul 07.00 hingga pukul 21.00. Jika ingin meminjam Bis Kuning dapat menghubungi Direktorat Kemahasiswaan.

Kesehatan

  • RSUI
    Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) merupakan Rumah Sakit Pendidikan Tinggi Negeri (RS-PTN) pertama di Indonesia yang mempunyai konsep dan rancang bangun fisik dengan Konsep Hijau (Green Hospital Concept) yang ramah lingkungan dan berorientasi sepenuhnya pada keselamatan pasien. Bangunan seluas 82.074 meter persegi yang berdiri di atas lahan seluas 106.100 meter persegi ini berlokasi di kompleks area Gedung Ilmu Rumpun Kesehatan (RIK), Kampus UI Depok yang memiliki jembatan penghubung “sky bridge” sebagai penghubung langsung antara RSUI dengan gedung RIK.

 

  • Klinik Satelit Makara UI
    Berlokasi dekat Fakultas Teknik UI, klinik ini terdiri dari tiga lantai. Selain menyediakan layanan di poliklinik umum, poliklinik gigi, dan farmasi, untuk ke depannya klinik ini siap menyediakan layanan lainnya. Saat ini, Klinik Satelit UI tengah bersiap menyediakan klinik tumbuh kembang anak, klinik kesehatan reproduksi, dan klinik untuk usia lanjut. Klinik Satelit iini adalah satu dari tujuh klinik satelit yang akan dibangun di kawasan Jabodetabek. Klinik ini termasuk ke dalam layanan primer. Dalam layanan kesehatan berjenjang, seseorang dapat memanfaatkan layanan primer sebelum dirujuk ke rumah sakit. Oleh karena itu, klinik ini juga tengah dipersiapkan agar dapat memberikan layanan bagi pemegang kartu BPJS.

Bank

  • BNI
    Bank Negara Indonesia merupakan salah satu bank yang membuka cabang di kawasan Universitas Indonesia. Cabangnya berada di dalam Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Selain itu, tersebar pula ATM BNI di berbagai lokasi di dalam UI, seperti di Balairung, RIK, Fakultas Psikologi, FISIP, FMIPA, FIB, dan FKM.  

 

  • Mandiri
    Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang membuka cabang di kawasan Universitas Indonesia. Cabangnya terletak di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI. Selain itu, tersebar ATM di berbagai lokasi, diantaranya, di FEB dan Fakultas Psikologi.

Kuliner

Kantin Fakultas
Universitas Indonesia memiliki berbagai macam fakultas. Fakultas-fakultas tersebut memiliki kantin dengan nama unik masing-masing. Nikmati lezatnya berbagai masakan kantin yang lezat sambil menjelajah suasana  berbagai fakultas yang berbeda.