Skip links

FIA UI Terima Hibah dari Yayasan Bina Usaha Lingkungan

Senin (20/5/2019), bertempat di Gedung M, telah berlangsung penandantanganan nota kesepahaman (Perjanjian Kerjasama) antara Dekan FIA UI dan Manajer Pelaksana Tugas Harian Yayasan Bina Usaha Lingkungan (YBUL), Matias Ola. Sebagai lembaga pelaksana Program Global Environment Facility – Small Grants Programme (GEF/SGP) Phase 6 di Indonesia, YBUL menghibahkan dana sebesar Rp498.505.000 kepada Pusat Kajian Governansi, Kebijakan Publik dan Bisnis (Puska Gov) FIA UI.

Puska Gov FIA UI sebagai pelaksana hibah, mendapat kepercayaan untuk membantu pemberdayaan Terasmitra dalam upaya menyediakan pembiayaan bagi mitra kerjanya selama kurun waktu 18 bulan. Kerja sama ini menandai terbentuknya jejaring kerja antara Puska Gov dengan Organisasi Masyarakat Madani secara khusus bidang inovasi dan penguatan kapasitas kelembagaan aktor non-pemerintah dan secara umum untuk mendukung SDGs 8 (Decent Work and Economic Growth) dan SDGs 10 (Reduced Inequalities).

Kegiatan dibagi menjadi tiga fase yaitu fase pemetaan kebutuhan pembiayaan mitra kerja (31 mitra kerja di sektor industri kreatif tenun), fase pembangunan model pembiayaan dan pengembangan kapasitas organisasi untuk target grup dan fase pengujian model pembiayaan. Kajian dengan unsur pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara kolaboratif oleh Puska Gov dengan klaster riset di FIA UI, yaitu Klaster Riset Institusi Keuangan dan Klaster Riset Competitiveness and Governance of Corporations (CGC).

Leave a comment