Skip links

Mahasiswa FKG UI Raih Delapan Prestasi Pada The 15th National Scientific Meeting of Pedriatric Dentistry

Berkat “CAMBRA Indonesia Application “SKOR GIGI” in Basic Education Parents”, drg. Nurulia Januarti, Sp.KGA dinobatkan sebagai juara 1 dalam kategori Penelitian, lalu drg. Alana Aluditasari, Sp.KGA sebagai juara 2 dengan penelitian berjudul “Indonesian Version of CAMBRA Mobile Application ‘SKOR GIGI’ in Highly-educated Parents”. Selain itu, pada kategori Literature Review, drg.Theodora Elien raih juara 1 dengan judul “The Role of Chitosan in Dental Caries Prevention”.

Ini baru tiga prestasi dari delapan yang diboyong pulang oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Ilmu Kedokteran, pada kompetisi di Medan. Delapan piala kemenangan mahasiswa Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Ilmu Kedokteran Gigi Anak (PPDGS IKGA) FKG UI diraih pada kompetisi The 15th National Scientific Meeting of Pediatric Dentistry (Pertemuan Ilmiah Nasional Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia /PIN IKGA) 15 di Medan, pada 10-12 Maret 2022.

“Kami sangat bersyukur bisa memenangkan kompetisi tersebut. Bisa membawa pulang delapan gelar tentu tidak mudah. Pada kompetisi e-poster, tim PPDGS IKGA FKG UI mempresentasikan poster hasil penelitian serta laporan kasus dan literature review. Untuk kategori penelitian, tantangan yang kami hadapi adalah dengan deadline yang berkaitan erat dengan rencana dan waktu penelitian agar target timeline dan publikasi hasil penelitian tercapai. Semua tantangan tersebut akhirnya dapat terlalui dan mendapatkan hasil terbaik berkat bimbingan, arahan, semangat dan doa dari para dosen serta dukungan dari teman-teman PPDGS IKGA FKG UI,” kata drg. Nurulia Januarti.

Pada Laporan Kasus, tiga posisi teratas ditempati FKG UI, mulai dari drg. Ivan Surija sebagai juara 1 dengan judul laporan “Fracture Ellis Class II Management in Global Developmental Delay Child”, drg. Melia Felicita sebagai Juara 2 dengan judul laporan “Cone-Beam Computed Tomography Evaluation of Impacted 21 and 22 Positions”, dan juara 3 ditempati drg. Atika Caesar Pamungkas dengan judul laporan “Behaviour Management in Pediatric Patient with Ranula and Dental Anxiety”.

Selain itu, dua kategori lain yang dimenangkan tim FKUI adalah Cerdas Cermat (Juara 1) — terdiri dari drg. Kevin Pratama Susilo, drg. Ivana Florentina, dan drg. Finny Lestari; kategori Video Edukasi (Juara 1) produksi PPDGS IKGA FKG UI dengan Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Pengurus Daerah DKI Jakarta.

Mereka yang berada di balik pencapaian mahasiswa tersebut adalah Prof. drg. Heriandi Sutadi, Ph.D, Sp.KGA(K-PKOA)., Prof. Dr. drg. Sarworini B. Budiardjo, Sp.KGA(K-KKA)., Dr. drg. Eva Fauziah, Sp.KGA(K-PKOA)., dan drg. Nieka A. Wahono, Ph.D, Sp.KGA(K-KKA).  “Luar biasa dan membanggakan, saya ucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi para mahasiswa, dosen pembimbing serta semua pihak yang telah bekerja keras dalam menghadapi kompetisi tersebut. Semoga menjadi motivasi dan inspirasi bagi para peserta didik lainnya agar lebih giat berkarya. Tidak hanya demi menuntut ilmu setinggi-tingginya serta meningkatkan portofolio untuk diri sendiri, namun juga memberi banyak manfaat bagi masyarakat. Lebih jauh lagi, prestasi di kancah nasional ini dapat menjadi bekal untuk siap menghadapi kompetisi di tingkat internasional,” ujar Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort(K)., Dekan FKG UI.

Sementara itu, Ketua Ketua Departemen IKGA FKG UI, Dr. drg. Mochamad Fahlevi Rizal, Sp.KGA(K-PKOA)., mengatakan, “Keikutsertaan mahasiswa pada kegiatan nasional dan internasional akan terus ditingkatkan, karena efektif untuk melatih mahasiswa dalam suasana ilmiah berbagi ilmu dan pengalaman klinik serta research dalam bentuk makalah ilmiah berstandar internasional di forum peer group kedokteran gigi anak yang akan mereka masuki setelah menyelesaikan pendidikan nanti. Kami berharap, capaian ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, tetapi juga bagi Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak FKG UI untuk terus bersemangat membangun suasana ilmiah serta menghasilkan karya-karya ilmiah berkualitas di masa yang akan datang,” kata drg. Mochamad Fahlevi.

Pertemuan Ilmiah Nasional Ilmu Kedokteran Gigi Anak ke 15 diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia, Sumatera Utara (IDGAI Sumut). Kegiatan tahunan tersebut, terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu CPD (Continuing Professional Development), Seminar, dan bakti sosial. Acara ini, dilakukan secara virtual dengan tema yang bertajuk “Problem Solving of The Craniofacial Disorder by Pediatric Dentists”. Acara ini dihadiri oleh dokter gigi anak dari seluruh Indonesia serta mahasiswa residensi kedokteran gigi anak dari berbagai universitas dengan program studi spesialis Ilmu Kedokteran Gigi Anak.

This post is also available in: English