id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Society of Petroleum Engineers UI Raih Penghargaan Internasional di SPE Annual Technical Conference and Exhibition

Universitas Indonesia > Berita > Berita Fakultas Teknik > Society of Petroleum Engineers UI Raih Penghargaan Internasional di SPE Annual Technical Conference and Exhibition

Depok, 9 Juli 2024. Society of Petroleum Engineers (SPE) Universitas Indonesia (UI) Student Chapter (SC) yang beranggotakan 108 mahasiswa Fakultas Teknik (FT) UI, kembali mengukir prestasi di tingkat internasional dengan meraih Presidential Award for Outstanding Student Chapters 2024 dalam kategori Technical Dissemination. SPE UI SC menjadi satu-satunya perwakilan dari Asia dan Timur Tengah yang berhasil meraih penghargaan dalam kategori tersebut.

Dekan FTUI Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., menyampaikan apresiasi atas pencapaian membanggakan tersebut. “Prestasi SPE UI SC dalam meraih Presidential Award for Outstanding Student Chapters 2024 adalah suatu kebanggaan besar bagi Fakultas Teknik UI. Penghargaan ini menjadi bukti kontribusi dan kerja keras para anggota serta bimbingan yang baik dari dosen pembimbing dalam meningkatkan kompetensi teknis melalui berbagai kegiatan diseminasi teknis,” ujarnya.

Prestasi yang telah diraih SPE UI SC ini diumumkan pada 3 Juli 2024 sebagai salah satu rangkaian acara SPE Annual Technical Conference and Exhibition. Di antara lebih dari 450 SPE SC dari seluruh dunia, SPE UI SC terpilih sebagai salah satu dari 23 SPE SC terbaik yang menerima penghargaan ini dan satu-satunya pemegang size label F, yaitu SPE yang melibatkan lebih dari 1000 peserta dalam berbagai kegiatan.

Presiden SPE UI SC, Muhammad Kahfi Arifansyah, menyampaikan bahwa penghargaan ini menjadi bukti nyata dari komitmen SPE dalam meningkatkan kompetensi teknis anggota dan memberikan kontribusi nyata dalam industri energi serta minyak dan gas bumi. Presidential Award for Outstanding Student Chapter ini katanya diberikan kepada student chapters yang masuk dalam 10% teratas dan memenuhi syarat per-kategori penghargaan dan per-rentang ukuran. Proses seleksi melibatkan penyerahan laporan tahunan dan melalui dua tahap seleksi berkas, yakni seleksi regional dan internasional.

Penghargaan ini memiliki 5 kategori, yakni Community Involvement; Engaging, Retaining, and Growing Membership; Operations and Planning; Professional Development; dan Technical Dissemination. Pada kategori Technical Dissemination atau diseminasi teknis adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis anggota yang mencakup kegiatan karyawisata, program magang, lomba karya ilmiah, kompetisi tim, program penelitian, simposium, dan kursus pelatihan.

Selama periode 2023-2024, SPE UI SC telah melaksanakan 64 program kerja, dengan 47 di antaranya berfokus pada diseminasi teknis. Kegiatan-kegiatan tersebut melibatkan 1531 peserta dan mencakup berbagai aktivitas, seperti company visit ke 14 perusahaan bidang energi oil and gas dan kolaborasi dengan berbagai perusahaan besar untuk pengembangan karir, seperti rekrutmen tahunan Schlumberger (SLB) dan Baker Hughes.

“Saya berharap, SPE UI SC dapat terus menjadi pelopor dalam inovasi dan kolaborasi, serta mampu menghadirkan program-program yang lebih bermanfaat dan berdampak positif bagi seluruh anggota. Kami juga berharap dapat terus berprestasi di ajang-ajang internasional, seperti PetroBowl Asia Pacific Regional Qualifier dan Global Championship, membawa nama baik Universitas Indonesia di kancah global,” kata Kahfi.

Saat ini, SPE UI SC terdiri dari 27 boards of directors dan 81 staf mahasiswa dari berbagai departemen di FTUI, antara lain Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Bioproses, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi dan Material, serta Teknik Sipil (Program Internasional). SPE UI SC berada di bawah bimbingan dua dosen FTUI, yakni Dr. Bambang Heru Susanto, S.T., M.T. dan Muhammad Ibadurrohman, S.T., M.T., Ph.D.

“Ke depannya, tim SPE UI SC akan melanjutkan perjuangannya di ajang PetroBowl Asia Pacific Regional Qualifier yang akan dilaksanakan pada tanggal 25-27 Juli 2024 di Ho Chi Minh City, Vietnam. Selain itu, SPE UI SC juga akan berpartisipasi dalam Global Championship yang akan berlangsung pada tanggal 24-27 September di New Orleans, USA. Semoga SPE UI SC dapat memberikan yang terbaik dan kembali membawa pulang gelar juara,” ujar Dr. Bambang.

Related Posts