Skip links

UI Umumkan 3 Besar Calon Rektor UI Periode 2019-2024

Prof. Dr. rer. nat. Abd Harris; Prof. Ari Kuncoro, S.E.,M.A., Ph.D; Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, MPH, SpOG (K) terpilih menjadi tiga besar Calon Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024. Ketiga nama tersebut sesuai dengan Berita Acara BA-461/UN2.MWA/OTL.01/2019 tanggal 19 September 2019 yang ditetapkan pada Rapat Paripurna Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) pada Kamis (19/9/2019) di Kampus UI Salemba.

Sebelum mengerucut menjadi tiga besar, ketujuh Calon Rektor UI mempresentasikan visi misi, rencana strategis, capaian UI, serta gagasan mereka di hadapan 17 anggota MWA UI serta tanya jawab dengan para panelis. Keempat panelis yaitu Prof. Ir. Roy Sembel, M.B.A., Ph.D., CSA; Prof. Dr. Komaruddin Hidayat; Dr. Handry Santriago; Nadiem Anwar Makarim, MBA.

Calon rektor lain yang melakukan presentasi adalah dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D; Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM., IPU., CMA., MSS; Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A; dan Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D

Dalam konferensi pers yang digelar di akhir kegiatan,Prof. Drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M.Sc., Ph.D, sebagai ketua pelaksana kegiatan pemilihan rektor mengatakan bahwa hasil akhir didapatkan lewat mekanisme seleksi yang dilakukan UI bekerja sama dengan lembaga seleksi profesional yang meliputi beberapa komponen penilaian.

“60%nya adalah komponen presentasi, 20% adalah komponen karakter, dan 20%nya adalah komponen kompetensi. Ketiga faktor ini menjadi indikasi penilaian terbesar dalam proses pemilihan rektor kali ini,” jelasnya.

Menurutnya, pertanyaan-pertanyaan dari para panelis bermaksud menggali lebih dalam lagi eksekusi visi dan misi dari para calon rektor, sehingga tergali dan tereskplorasi dengan baik. “Sehingga para calon rektor juga mendapat perspektif-perspektif baru terhadap visi dan misinya tersebut,” tambahnya.

Sebagai tahapan akhir pada proses pemilihan rektor, UI akan menggelar debat publik 3 calon rektor UI di balai sidang UI Kampus Depok, 25 September 2019 yang akan datang. Agenda ini terbuka untuk umum dan diperkenankan bagi sivitas akademika dan masyarakat umum untuk hadir dan turut menjadi saksi proses Pemilihan Rektor UI periode 2019-2024. Demikian pula, penetapan Rektor UI terpilih akan dilakukan pada hari yang sama, yaitu 25 September, usai pelaksanaan debat publik.

Leave a comment