id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Apa Itu Cyber Campaign ?

Universitas Indonesia > Berita > Apa Itu Cyber Campaign ?

Penjelasan Cyber campaign

Cyber campaign: sarana kampanye melalui Internet yang disediakan oleh Panitia Khusus Pemilihan Rektor sebagai media untuk Calon Rektor  mempersuasi dan meyakinkan pemilih (P3CR dan MWA) akan visi, misi, dan program-programnya. Kampanye melalui media Internet juga memberi kesempatan kepada Calon Rektor untuk memperkenalkan diri dan program kerjanya ke seluruh sivitas UI. Walaupun pemilihan Rektor di UI dilakukan oleh P3CR dan MWA, tetapi kampanye melalui media dapat memberikan kesempatan pada sivitas UI untuk berinteraksi dengan peserta pemilihan, termasuk menyalurkan aspirasinya

Tujuan Cyber campaign

  1. Memberikan sarana bagi Calon Rektor untuk memperkenalkan, mempersuasi dan meyakinkan P3CR dan MWA akan visi, misi, dan program kerjanya.
  2. Memperkenalkan Calon Rektor kepada masyarakat, khususnya sivitas akademika UI.
  3. Memberikan sarana bagi Calon Rektor untuk menjaring aspirasi sivitas akademika UI.
  4. Memberikan sarana interaksi Calon Rektor dengan warga UI
  5. Meningkatkan pengakuan warga UI terhadap hasil pemilihan rektor.
  6. Efisiensi biaya kampanye para bakal calon.
  7. Meningkatkan citra UI sebagai e-university.

Kegiatan dalam Cyber Campaign

pilrekCyber Campaign dibagi beberapa kegiatan, yaitu:

  1. Profil Calon Rektor dan kampanye satu arah (cyber campaign 1)
  • Halaman Personal Calon Rektor (Profil Calon Rektor) di website Pilrek. Semua Calon Rektor akan diberikan satu halaman dimana mereka dapat memperkenalkan diri, visi, misi, dan program kerjanya kepada pemilih (P3CR dan MWA) dan masyarakat.
  • Periode pelaksanaan: 6-17 Oktober 2014
  • Pelaksana:
    • Calon Rektor: Membuat materi kampanye untuk halaman profil dan kampanye bebas
    • Publik : Menyimak kampanye
  • Media : Website Pemilihan Rektor UI
  • Calon Rektor sangat perlu segera melengkapi profil dan kampanye Kurang lengkapnya halaman personal Calon Rektor dapat dipersepsikan sebagai ketidaksiapan Calon Rektor ataupun sebagai kurang terbukanya Calon Rektor terhadap tanggapan masyarakat akan visi / misi dan program kerjanya.
  • Panitia tidak memoderasi apa yang ditulis / ditanggapi oleh Calon Rektor.

 

  1. Diskusi dan Komentar (bagian dari Kampanye Interaktif)
  • Sivitas akademika UI dan masyarakat luas diharapkan memberikan komentar maupun pertanyaan kepada Calon Rektor.
  • Periode pelaksanaan: 13-17 Oktober 2014
  • Pelaksana:
    • Calon Rektor: Aktif menanggapi pertanyaan dan tanggapan. Calon Rektor wajib menjawab pertanyaan dari Panitia (lihat bagian kampanye bertema). Walaupun Calon Rektor tidak diwajibkan untuk menanggapi setiap pertanyaan / tanggapan dari masyarakat, Calon Rektor sangat diharapkan untuk memberikan tanggapan terhadap sebagian besar komentar masyrakat.
    • Panitia: Memonitor dan Moderasi aktifitas kampanye, memberikan wacana untuk dijawab oleh Calon Rektor, menganalisis aspirasi warga UI untuk dijadikan sebagai wacana kampanye. Memoderasi pertanyaan dan tanggapan dari masyarakat.
    • Publik : Aktif memberikan pertanyaan dan tanggapan melalui website dan social media. Setiap tanggapan akan dimoderasi oleh panitia.
  • Media : Website Pemilihan Rektor UI, Twitter @pilrekUI, email
  • Komentar dapat diberikan melalui website.
    • Bagi sivitas akademika UI, komentar dapat dikirimkan dengan menggunakan akun sso (yaitu akun UI yang digunakan oleh sivitas academica untuk mengakses semua system di UI, seperti SIPEG dan SIAK NG).
    • Masyarakat luas juga dapat mendaftar untuk mendapatkan akun, dengan cara: (1) mengisi formulir di website pemilihan rektor; (2) meng-upload scan KTP; (3) meng-upload photo; (4) menunggu maksimal 1 x 24 jam untuk aktifasi dari panitia; (5) notifikasi akan dikirim melalui email.
    • Semua komentar akan dimoderasi oleh panitia Aturan moderasi:
      • Bahasa yang sopan dan santun.
      • Tidak mengandung unsur SARA.
      • Tidak flaming (memanas-manasi), tidak trolling (keluar dari topik pembicaraan), dan tidak junking (memasang post yang tidak berguna).
      • Panitia memiliki hak untuk mencabut publikasi suatu komentar, jika dirasa tidak pantas
      • Moderasi terhadap komentar / pertanyaan masyarakat akan diberikan antara jam 00 – 22.00 wib.
      • Tidak ada moderasi terhadap tanggapan dari Calon Rektor terhadap komentar ataupun pertanyaan yang diajukan masyarakat (UI dan luar UI).
  • Komentar juga dapat diberikan melalui email pemilihanrektor2014@ui.ac.id Dengan catatan:
    • Komentar / pertanyaan dapat diarahkan ke semua Calon Rektor, atau ke Calon Rektor tertentu.
    • Setiap pemberi komentar wajib menuliskan nama lengkap, institusi dan saat ditayangkan di web ingin anonym (ya / tidak).
    • Setelah dimoderasi, komentar / pertanyaan akan ditayangkan di website di halaman “komentar melalui email”.
    • Semua pertanyaan dan tanggapan akan didokumentasi oleh panitia dan dibuat resumenya.
  • Komentar juga dapat diberikan melalui Twitter@pilrekUI. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat tulisan dengan:
    • menyebutkan @pilrekui.
    • Jika bertanya ke semua Calon Rektor, gunakan #tanyaCALON REKTOR,
    • Jika bertanya ke Calon Rektor tertentu, gunakan #tanyaCALON REKTOR(no),
    • Jika menanggapi semua Calon Rektor, gunakan #tanggapCALON REKTOR
    • Jika menanggapi Calon Rektor tertentu, gunakan #tanggapCALON REKTOR(no)
    • Pertanyaan yang diajukan akan diindeks oleh panitia melalui akun @pilrekUI.
    • Resume dari pertanyaan yang diajukan akan ditayangkan di website dan dilaporkan di laporan akhir cyber campaign.

 

  1. Penjaringan Aspirasi

Masyarakat, khususnya civitas UI, dapat menyalurkan aspirasi mereka ke panitia pemilihan rektor melalui media yang telah disediakan (yaitu website, twitter dan email). Aspirasi yang diungkapkan lewat website akan dapat dibaca oleh setiap orang (di halaman “aspirasi”). Panitia akan membuat resume dari aspirasi yang diungkapkan lewat twitter dan email, dan kemudian melayangkan aspirasi tersebut ke website pemilihan rektor.

 

  1. Kampanye bertema (bagian dari kampanye interaktif).

Periode pelaksanaan: 13-17 Oktober 2014

Pada hari-hari tertentu, panitia akan memberikan suatu wacana atau pertanyaan di halaman utama website. Aturan:

    • Tema kampanye ditentukan oleh panitia berdasarkan aspirasi yang masuk, baik melalui email, twitter maupun website.
    • Seluruh Calon Rektor wajib menanggapi wacana tersebut dengan memanfaatkan fasilitas menulis materi kampanye.
    • Tanggapan sudah harus selesai dituliskan di waktu yang ditentukan panitia (misalnya untuk wacana yang dihadirkan pada jam 9.00, jawabannya sudah harus selesai ditulis pada jam 21.00).
    • Calon Rektor tidak dapat langsung mempublikasikan tulisannya. Panitia akan mempublikasikan tulisan Calon Rektor secara bersamaan. Ketentuan ini dibuat untuk menghindari tuduhan akan kemiripan tanggapan adalah karena Calon Rektor tertentu meniru jawaban Calon Rektor lain.
    • Tanggapan Calon Rektor yang diubah setelah batas waktu akan di-unpublish dan diubah menjadi tidak terjawab.

 

 

Related Posts

Leave a Reply