Skip links

Gubernur Bengkulu Tinjau Kerja Sama dengan FEB UI Kembangkan Kemampuan ASN Daerah

Gubernur Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A. melakukan kunjungan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dalam rangka menjalin perjanjian kerjasama di dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM di pemerintah daerah Bengkulu, pada Selasa (29/12/2020).

Rohidin Mersyah menyampaikan bahwa aparatur sipil negara (ASN) di pemerintah daerah (pemda) Bengkulu perlu dibekali pengetahuan dan pelatihan mengenai cara mengelola keuangan daerah. “Maka, kami memilih FEB UI, sebagai universitas terbaik di Indonesia untuk menjalin perjanjian kerjasama di bidang pendidikan, sesuai dengan kebutuhan tersebut,” ujarnya.

Nantinya, bentuk konkrit kerja sama ini adalah berupa pengiriman 4-5 ASN dalam jangka waktu setahun untuk mengambil program Master/Magister (S-2) di bidang ekonomi dengan kriteria usia 25-34 tahun. Dalam perjanjian kerjasama ini nantinya, para ASN ini tidak hanya belajar, tetapi juga akan diberikan pelatihan dan pendampingan yang bisa meningkatkan skill mereka dalam mengelola keuangan.

Pj. Dekan FEB UI, Dr. Beta Yulianita Gitaharie menyambut baik dan mendukung inisiatif kerjasama yang dicanangkan oleh Gubernur Bengkulu tersebut dan mendorong kerja sama ini segera dikonkritkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU). “Nantinya para ASN ini apabila ingin mengambil beberapa mata kuliah yang ditawarkan sesuai kurikulum Kampus Merdeka, tentu kami persilahkan dengan tetap mengikuti aturan-aturan yang diterapkan oleh universitas maupun fakultas,” ujarnya.

Bila memang berminat, para ASN ini dapat mengambil pelatihan dalam bidang audit dan akuntansi yang digelar oleh Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FEB UI. Para ASN ini juga bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang ditawarkan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Erni Sukmadini Asikin (Asisten Manajer Pendidikan Program S-1 – S-3 FEB UI), Tridianto Subagio (Kepala Bagian Humas dan KIP FEB UI), Rintis Dosie Swastika (Kepala Bagian Legal dan CDC FEB UI.

Penulis: Humas FEB UI (Nino Eka Putra, AM.d)