Skip links

Mahasiswa Vokasi UI Raih Gelar Wakil 1 Abang None Jakarta Pusat 2022

Andika Pratama, mahasiswa Program Studi (prodi) Administrasi Perpajakan, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), dinobatkan menjadi Wakil I Abang Jakarta Pusat 2022. Perhelatan Malam Final Pemilihan Abang None Jakarta Pusat 2022 ini diselenggarakan di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (22/7).

Dalam rangkaian seleksi, Andika mempresentasikan organisasi yang ia inisiasi dengan nama Sejuta Tangan untuk Indonesia. Organisasi tersebut bergerak di bidang penyediaan fasilitas pendidikan bagi anak kurang mampu, anak putus sekolah, dan pemberantasan buta aksara, melalui berbagai program, di antaranya program Sejuta Mimpi dan Sejuta Buku. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepedulian generasi muda Jakarta agar dapat berkontribusi bagi lingkungan sekitar.

Menurutnya, Abang None merupakan platform terbaik yang tidak hanya menjadi wadah inspiratif bagi generasi muda, melainkan juga sumber aspirasi dan perpanjangan tangan antara masyarakat dan pemerintah.

“Keberhasilan meraih prestasi tersebut menjadi suatu kebanggaan bagi saya. Saya berharap agar program yang sudah kami rencanakan ke depannya melalui ‘Sejuta Tangan untuk Indonesia’ dapat terealisasi dengan baik dan dapat menciptakan iklim pendidikan yang semakin inklusif. Beberapa program tersebut antara lain, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Jakarta, khususnya anak-anak, promosi pariwisata yang lebih masif, serta program lainnya,” ujar Andika.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D., memberikan apresiasinya terhadap prestasi yang diraih Andika. “Vokasi UI sangat mendukung berbagai kegiatan maupun kompetisi yang diikuti oleh para mahasiswa. Kegiatan pemilihan Abang None tersebut menjadi suatu ajang peningkatan kualitas diri mahasiswa untuk melatih kemampuan di bidang non akademik. Saya berharap agar Andika dapat menjalankan perannya sebagai Abang Jakarta Pusat 2022 dengan amanah dan berdaya bagi masyarakat.”

Pemilihan Abang None Jakarta Pusat 2022 telah dilaksanakan sekitar satu bulan melalui serangkaian pelatihan, seleksi ketat, dan karantina. Andika mengatakan, kegiatan tersebut menjadi wadah pembelajaran untuk melatih kemampuan dan kreativitas yang tidak pernah Ia pelajari sebelumnya.

“Berbagai pelatihan yang diberikan kepada kami, seperti pelatihan public speaking, nandak, kesenian betawi, serta pembekalan lainnya sangat berguna bagi kami sebagai duta pariwisata,” kata Andika.

Setelah berhasil melewati ajang tersebut, Andika bersama pasangannya, Non Nadira Alivia Mustopo beserta dua pasang finalis lainnya, akan kembali berlaga di Pemilihan Abang None Jakarta 2022 mendatang.

This post is also available in: English