id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Strategi “Branding” bagi Universitas

Universitas Indonesia > Berita > Strategi “Branding” bagi Universitas

Digital Marketing

Direktur Quacquarell Symond (QS) Asia, Mandy Mok, Jumat (8/1/2015), berbagi strategi branding yang baik bagi sebuah universitas. Dalam acara tersebut, hadir Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met beserta jajarannya. Acara berlangsung di Margo Hotel, Depok.

Dalam pemaparannya, Mandy menyampaikan materi berjudul “External Strategies for International Recognition for Indonesian Universities”. Mandy banyak berbagi tentang strategi-strategi eksternal yang dapat dilakukan oleh universitas untuk meningkatkan reputasinya di dunia internasional.

Menurutnya, untuk mencapai tujuan tersebut terdapat dua cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara melakukan publikasi dan aktif mengikuti konferensi-konferensi pendidikan internasional.

Publikasi universitas dapat dilakukan dengan mengirimkan berita atau penelitian ke jurnal atau media-media publikasi internasional, seperti newsletter dan majalah pendidikan. Dengan cara tersebut reputasi dari sebuah universitas akan terbentuk. Ia juga menambahkan bahwa konten berita atau penelitian yang dikirimkan harus menarik dan layak untuk diperbincangkan di tingkat internasional.

Cara kedua yaitu dengan aktif mengikuti konferensi pendidikan internasional. Tujuan dari keikutsertaan ini selain memperkenalkan diri juga membangun citra merek sebuah universitas di mata universitas lain.

Selain kedua hal tersebut, lanjut Mandy, universitas juga tidak boleh melupakan internalnya sendiri. Pada dasarnya, universitas adalah sebuah lembaga jasa pendidikan. Oleh karena itu, pembentukan merek perguruan tinggi pasti tidak terlepas juga dari kualitas fasilitas, tenaga pengajar, pelayanan akademik, administrasi, dan kualitas lulusan universitas tersebut. Semua kualitas tersebut, yang pada akhirnya menentukan kualitas dari suatu jasa institusi pendidikan di seluruh dunia.

Quacquarell Symond (QS) merupakan perusahaan Inggris yang melakukan pengukuran kinerja terhadap universitas-universitas di dunia, serta melakukan pemeringkatan secara rutin berdasarkan hasil pengukuran tersebut. QS World University Rangkings adalah pemeringkatan yang sering dijadikan rujukan bagi banyak institusi pendidikan di dunia, dan setiap tahunnya UI selalu masuk dalam 500 besar pemeringkatan ini.

Penulis : Wanda Ayu

Related Posts

Leave a Reply