Skip links

UI – Bank BJB Kerja Sama Riset dan Program Sustainable Finance

Dengan semangat untuk kemajuan bersama dan saling memberikan manfaat antarlembaga, Universitas Indonesia (UI) dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB), melakukan penandatanganan nota kesepahaman di Sheraton Bandung Hotel, Bandung, pada Jumat (12/08). Perjanjian kerja sama ini ditandatangani langsung oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D., dan Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi.

Dalam pidato sambutannya, Prof. Ari mengatakan, kolaborasi ini merupakan wujud implementasi pelaksanaan Tri Dharma yang menjadi tugas pokok bagi sivitas akademika dalam mendukung visi, misi, dan tugas fungsi serta kewenangan Bank BJB di Indonesia. “UI sangat mendukung kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh Bank BJB dalam rangka membangun stabillitas sistem keuangan dan ekosistem pembayaran digital di Indonesia. Selain itu, digitalisasi perbankan serta program Sustainable Finance menjadi suatu keniscayaan, sehingga urgensi untuk melakukan berbagai riset dan menyusun kebijakan untuk mendukung dua hal ini dapat menjadi prioritas untuk dikerjasamakan antara UI dengan Bank BJB dalam waktu dekat ini sebagai output dari kegiatan kolaborasi yang cepat hasil dan terukur (Quick Win),” ujar Prof. Ari.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D

Selain itu, Prof. Ari lebih lanjut mengatakan, kemitraan strategis ini juga diharapkan dapat mengakselerasi upaya kolaborasi triple helix ABG (akademisi, bisnis, dan government), sehingga berbagai riset dan penelitian ke depan bisa menjadi policy brief dan studi-studi kasus (used cases) yang berbobot serta dapat membantu Bank BJB dalam mewujudkan visi dan misinya sebagai platform utama penyedia jasa keuangan digital.

Dalam kesepakatan bersama antara UI dan Bank BJB meliputi enam cakupan, yaitu Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat; Penyelenggaraan Kolaborasi Riset dan Pengembangan Sumber Daya; Penyelenggaraan Kegiatan Ilmiah, Kajian Ilmiah, Seminar, dan Lokakarya; Pelatihan, Peningkatan dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia; Implementasi Kegiatan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka; dan kegiatan lainnya yang disepakati bersama.

Yuddy Renaldi menyampaikan dalam sambutannya bahwa kerja sama ini merupakan suatu kebanggaan dan kegembiraan bagi bank BJB dan sejalan dengan salah satu misi bank BJB, yakni memberikan kontribusi serta berpartisipasi sebagai penggerak dan pendorong roda perekonomian daerah.

Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi

“Penandatanganan nota kesepahaman tentunya juga menandai sinergi yang lebih luas antara bank BJB dan UI, di mana sebelumnya bank BJB juga turut berpartisipasi pada beberapa kegiatan-kegiatan Universitas Indonesia, diantaranya kegiatan UI Open Days dan webinar digitalisasi ekosistem sektor Usaha Mikro Kecil Menengah dan pariwisata daerah pasca pandemi. Tentunya, kami sangat-sangat berkomitmen untuk senantiasa mendukung penuh setiap kegiatan di lingkungan Universitas Indonesia kedepannya,” ujar Yuddy.

Lebih lanjut Yuddy mengatakan, sudah selayaknya sebagai dua institusi yang tumbuh besar di Jawa Barat dan diiringi dengan kerja sama yang terus ditingkatkan guna memberikan kontribusi yang positif diantara kedua belah pihak. Dirinya juga mengajak para sivitas akademika UI untuk dapat memanfaatkan produk dan layanan di bank BJB, serta senantiasa bersinergi dan menjadikan bank BJB sebagai mitra strategis dalam mewujudkan visi UI yang menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang unggul dan berdaya saing melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga berkontribusi bagi pembangunan masyarakat Indonesia dan dunia.

Ikut hadir dalam kesempatan tersebut adalah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris; Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA.; Direktur Kerja Sama, Dr. Toto Pranoto. Sementara itu dari pihak Bank BJB yang turut hadir, yaitu Direktur Komersial, Nancy Adistyasari; Direktur Konsumer & Ritel, Suartini; Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan, Isa Anwari; dan CEO Regional 2, Beni Harjono.