iden sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

UI Membuka Penjaringan Calon Anggota MWA UI Periode 2024–2029 Unsur Masyarakat

Universitas Indonesia > Berita > Berita Highlight > UI Membuka Penjaringan Calon Anggota MWA UI Periode 2024–2029 Unsur Masyarakat

Universitas Indonesia (UI) membuka penjaringan calon anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UI mewakili Unsur Masyarakat masa bakti 2024–2029. Pendaftaran dibuka 7—25 Februari 2024. MWA merupakan organ di UI yang menjalankan fungsi normatif di bidang nonakademik mewakili Pemerintah, Masyarakat, dan UI untuk menentukan kebijakan umum, mengawasi, dan mengevaluasi pengelolaan UI.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2021 tentang Statuta UI, Anggota MWA berjumlah 17 orang yang terdiri atas enam unsur, yaitu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), rektor, tujuh wakil dosen, enam wakil masyarakat, satu wakil tenaga kependidikan, dan satu wakil dari mahasiswa. Setiap lima tahun sekali, diselenggarakan proses pemilihan anggota MWA baru.

Melalui penjaringan ini, UI mengundang putera dan puteri terbaik bangsa untuk menjadi Anggota MWA UI yang akan menempati unsur masyarakat (enam anggota). Dua di antaranya akan menjadi ketua Komite Audit dan ketua Komite Risiko dengan syarat memiliki kompetensi di bidang organisasi, akuntansi, dan keuangan serta manajemen risiko, serta memiliki cukup waktu dan komitmen untuk melaksanakan tugasnya.

Adapun tugas dan kewajiban MWA di antaranya adalah menetapkan kebijakan umum UI setelah mendapatkan pertimbangan dari Rektor, Senat Akademik (SA), dan Dewan Guru Besar (DGB); melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan dan pengelolaan kondisi keuangan UI, serta mengupayakan dan memfasilitasi penggalangan dana dan pengembangan aset UI; melakukan pengawasan terhadap pengelolaan kegiatan nonakademik UI sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; mengesahkan Rencana Pengembangan Jangka Panjang, Rencana Strategis, Rencana Kerja Tahunan, dan Rencana Kerja Anggaran serta mengevaluasi implementasinya; juga mengangkat dan memberhentikan Rektor UI.

Masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dapat melihat informasi selengkapnya melalui laman ui.ac.id/pemilihanMWA. Calon Wakil Masyarakat yang lolos tahap administrasi akan diumumkan pada 13 Maret 2024. Selanjutnya, akan diminta masukan masyarakat terhadap calon anggota MWA pada 13–17 Maret 2024, dan diakhiri dengan Pemilihan Anggota MWA (Rapat Paripurna Senat Akademik UI) pada 21 Maret 2024.

This post is also available in: English

Related Posts