id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

UI Terus Kembangkan Pembelajaran Daring

Universitas Indonesia > Berita > UI Terus Kembangkan Pembelajaran Daring

Pembelajaran DaringTak hanya mendukung program pemerintah lewat Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu (PDITT), Universitas Indonesia sudah sejak lama mengembangkan pembelajaran daring bagi mahasiswa UI. Lewat laman www.scele.ui.ac.id, dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan dan memperoleh manfaat yang luas dari perkuliahan. Menurut Ketua Kantor Pelayanan dan Pengembangan Sumberdaya Pembelajaran (PPSP) UI, Gatot Fatwanto Hertono, Ph.D., saat ini terdapat setidaknya 800 mata kuliah dari berbagai program studi di UI pada laman tersebut.

Pembelajaran daring memungkinkan dosen dan mahasiswa melaksanakan kegiatan perkuliahan tanpa harus tatap muka. Walaupun demikian, sebagian pembelajaran daring masih bersifat mendukung jalannya kelas tatap muka. Di UI, misalnya, mahasiswa dapat mengunduh bahan kuliah di www.scele.ui.ac.id, mengumpulkan tugas, dan melakukan ujian pada laman tersebut.

Media interaksi pada laman tersebut juga dapat semakin kaya karena dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkan forum diskusi online. Menurut data PPSP, seluruh fakultas di UI telah memanfaatkan fasilitas ini. Namun, pada tahun 2013, fakultas yang paling banyak menggunakan pembelajaran daring adalah Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran. Pembelajaran daring juga digunakan pada kuliah-kuliah pada Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi (MPKT) dan kuliah lain tingkat rumpun ilmu.

Dalam tiga tahun terakhir, jumlah mata kuliah yang dibuka pada laman tersebut meningkat cukup pesat. Pada 2011, mata kuliah yang dibuka berjumlah 130. Jumlah ini meningkat menjadi 400 pada 2012 dan menjadi 800 mata kuliah pada 2013. Ke depanya, diharapkan laman scele.ui.ac.id dapat menjadi media interaksi yang lebih kaya, dengan pemanfaatan forum diskusi online.

Tahun ini, PPSP menargetkan peningkatan pengguna laman scele. Rencananya, akan ada sosialisasi yang lebih luas kepada ke setiap fakultas agar lebih banyak dosen yang memanfaatkan fasilitas dan layanan dari pembelajaran daring ini.

Di samping pembelajaran daring untuk mahasiswa UI, PPSP juga telah mengembangkan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) untuk kelompok masyarakat yang tidak dapat menempuh pendidikan secara tatap muka. PJJ juga memungkinkan universitas-universitas yang tidak memiliki pakar di bidang tertentu untuk memanfaatkan kelas PJJ dari UI. Interaksi dalam PJJ dapat berlangsung melalui video conference.

Dengan PJJ, mahasiswa dapat memanfaatkan keberagaman materi ajar dan dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Fakultas yang pernah menjadi fasilitator PJJ ini antara lain Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Ilmu Komputer. “Jadi, mahasiswa ada di tempat lain, tapi dia dapat mengambil pendidikannya secara jarak jauh,” kata Gatot.

Peserta didik dapat mengikuti salah satu mata kuliah dalam program PJJ dan akan mendapatkan kredit akademik sesuai dengan jumlah SKS yang diambil. Selain itu, dalam penyelenggaraan PJJ, UI dapat bekerja sama dengan universitas lain dengan prinsip berbagi sumber daya. (KHN)

Leave a Reply