id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

FTUI Resmikan Kantor Perwakilan Universitas dari Amerika Pertama di Indonesia

Universitas Indonesia > Berita > FTUI Resmikan Kantor Perwakilan Universitas dari Amerika Pertama di Indonesia

Kantor Perwakilan Univ Florida_websizeFakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan University of Florida (UF) meresmikan Kantor Perwakilan UF yang berlokasi di lantai 4 Gedung Engineering FTUI kampus Depok pada Selasa (3/2/2015). Hadir dalam peresmian tersebut di antaranya H.E. Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake, Jr., Cultural Attache of US Embassy for Indonesia Ms. Deborah C. Lynn, Direktur Direktorat Kelembagaan dan Kerja Sama Dikti Prof. Ir. Hermawan K. Dipojono, Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., dan Dekan FTUI Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA.

Hadirnya Kantor Perwakilan UF di FTUI ini akan menjadi kantor perwakilan universitas dari Amerika Serikat pertama di Indonesia. Adapun pendirian Kantor Perwakilan UF di UI ini adalah untuk memperlancar jalinan kerja sama yang telah tercipta antara UI melalui Fakultas Teknik, Ekonomi, dan MIPA dengan UF. Saat ini tengah dalam proses untuk dibuka yaitu program Joint Degree Arsitektur Interior UI (Departemen Arsitektur FTUI) dan Design Interior UF (College of Design, Construction & Planning UF). Program Design Interior di mana UF dipilih karena merupakan salah satu program Desain Interior terbaik di Amerika Serikat.

Selain acara peresmian Kantor Perwakilan UF tersebut, dilakukan pula penandatanganan perjanjian kerja sama penyelenggaraan Joint Degree Arsitektur Interior UI (Departemen Arsitektur FTUI) dan Design Interior UF (College of Design, Construction & Planning UF), site visit dan kuliah umum oleh Dean of College of Design, Construction and Planning University of Florida Prof. Christopher Silver, Ph.D., FAICP berjudul “Creating the Sustainable Megacity: Lessons from Jakarta’s Past to Shape Its Future.”

Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, UI terus berupaya untuk meningkatkan program internasionalisasi dengan perguruan tinggi lainnya dari seluruh dunia. Salah satunya dengan University of Florida, Amerika Serikat. Selama 4 tahun terakhir, kerja sama antara FTUI dan UF telah intensif dilakukan terutama dalam bentuk kerja sama penyelenggaraan kuliah umum, visiting professor, kunjungan kerja sama pimpinan FTUI ke UF serta pengiriman mahasiswa pascasarjana ke UF dan sebaliknya.

Pembukaan Kantor Perwakilan UF ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi UI dan FTUI khususnya. Kantor ini dapat membuka peluang untuk memperlancar program internasionalisasi yang bersifat resiprokal antara kedua universitas serta terjalinnya kerja sama akademik dan riset antarfakultas di UI dan UF. (Egia)

Related Posts

Leave a Reply