Skip links

Fasilkom UI dan SRIN Kembangkan Riset di Bidang Artificial Intelligence (AI) dan Robotika

Seiring dengan kemajuan teknologi, Universitas Indonesia (UI) sebagai perguruan tinggi selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan penelitian yang berdampak bagi masyarakat. Untuk itu, Universitas Indonesia (UI) melalui Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) bersama dengan Samsung Research Indonesia (SRIN) berkolaborasi dalam bidang teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan robotika.

Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., mengatakan, program AI dan robotika merupakan hal penting yang perlu diterapkan dalam bidang ilmu komputer di perguruan tinggi hingga pendidikan tinggi. “Fasilkom UI mendukung kerja sama ini, karena program yang direncanakan SRIN sangatlah terhubung sekali dengan program Fasilkom UI maupun institusi lain. Topik yang ditawarkan pun menarik, terutama AI yang sudah menjadi spesialiasi Fasilkom UI di mana kita memiliki AI Center, sehingga super komputer yang kita miliki akan sangat bisa terutilisasi secara optimal dengan berbagai program dari mitra seperti ini. Kami sangat mendukung sekali, menyambut baik apa yang ingin dikolaborasikan oleh SRIN,” ujar Petrus.

Sementara itu, Head of SRIN Technology Group, Risman Adnan, menyampaikan kedatangan SRIN bertujuan untuk mempererat hubungan baik dengan Universitas Indonesia di bidang ilmu komputer serta program pengembangan penelitian di bidang AI dan robotika melalui Fasilkom UI. “Kami dari SRIN ingin mengembangkan kapasitas yang lebih untuk masuk ke ranah AI dan robotika. Di samping itu, kita sedang explore beberapa teknologi baru seperti block chain. Kami juga ingin memastikan bahwa SRIN memiliki kerja sama yang erat dengan universitas terbaik di tanah air yaitu Universitas Indonesia dalam bidang ilmu komputer. Maka dari itu, tujuannya adalah kami ingin explore kerjasama lebih di sektor AI dan robotika,” kata Risman.

SRIN yang merupakan pusat riset dan pengembangan Samsung di Indonesia ini telah melakukan kolaborasi dengan ratusan talenta digital Indonesia. Di usianya yang genap 10 tahun ini, bersama dengan para talenta digital Indonesia tersebut, berbagai aplikasi telah berhasil dikembangkan dengan memanfaatkan pendekatan local-to-global.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Ari Saptawijaya, S.Kom., M.Sc., Ph.D., serta Guru besar Fasilkom UI, Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom.; Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat, Adila Alfa Krisnadhi, S.Kom., M.Sc., Ph.D.; dan Koordinator Program Studi Sarjana Ilmu Komputer dan Kelas Internasional, Alfan Farizki Wicaksono, S.T., M.Sc., Ph.D. Pertemuan kerja sama ini dilaksanakan di Faculty Lounge, gedung baru Fasilkom UI, Depok, pada Jum’at (22/07).

Dari SRIN, hadir Samsung Research – Global Research Outreach  (SR GRO)  – Vice President (VP) Research and Development (R&D) Strategy Team), Youngmin Lee; SR GRO – R&D Strategy Team, Myoungtack Kim; Head of SRIN, Yash Yountaek Oh; Head of SRIN Operation Group, In Jae Lee; dan Head of HR SRIN, Erlangga Yudhanegara.