Skip links

FKM UI Gandeng Australia Consortium for In-Country Indonesian Studies (ACICIS) Jadi Tuan Rumah Virtual Public Health Study Tour 2022

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara Virtual Public Health Study Tour (VPHST) 2022. Kegiatan ini merupakan program intensif selama dua pekan bagi mahasiswa Australia yang ingin mempelajari dan menggali pengalaman mengenai bidang kesehatan masyarakat di Indonesia. Pada penyelenggaraannya yang ke-11 di FKM UI, tur virtual diadakan meliputi rangkaian perkuliahan interaktif, kunjungan ke fasilitas kesehatan, dan juga mengunjungi organisasi atau komunitas terkait.

Untuk menyelenggarakan PSHT, FKM UI telah bekerja sama dengan Australia Consortium for InCountry Indonesian Studies (ACICIS) sejak tahun 2016. Pada awalnya, kegiatan hanya diselenggarakan selama empat hari. Namun, melihat antusiasme dan respon positif dari peserta dan universitas asal peserta, durasi program diperpanjang hingga 14 hari. Wilayah kunjungan lapangan juga diperluas meliputi wilayah Jakarta, Depok, dan Kabupaten serta Kota Bogor, Jawa Barat. Pada penyelenggaraan program di wilayah Yogyakarta yang sebelumnya dikelola penuh oleh ACICIS, sejak tahun 2018 menjadi bagian dari program yang dikelola oleh FKM UI.

Dalam program kunjungan lapangan ke puskesmas-puskesmas di Yogyakarta, FKM UI mengajak Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) sebagai mitra penyelenggara. Dekan FKM UI, Prof. Dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S, D.Sc., turut hadir untuk memberikan pidato sambutan. Ia menyampaikan betapa pentingnya pelaksanaan PHST untuk reputasi akademik FKM UI yang sedang bergerak ke kancah Internasional.

Dekan FKM UI, Prof. Dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S, D.Sc.

“Aktivitas inbound mahasiswa asing ke FKM UI seperti PHST yang sudah berjalan di FKM UI sejak 2016 sangat penting untuk reputasi akademik FKM UI yang sedang bergerak menuju internasionalisasi. Reputasi akademik FKM UI juga akan menjadi bagian dari reputasi akademik UI di kancah internasional,” ujar Prof. Mondastri.

“Secara khusus, program inbound PHST di FKM UI akan menstimulasi kegiatan internasionalisasi akademik di FKM UI dalam skala yang lebih besar,” ujarnya lagi menambahkan. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa narasumber diantaranya perwakilan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Samsara, dan Rifka Annisa.

Selain FKM UI, beberapa perwakilan dari fakultas lain di UI juga turut hadir sebagai pembicara dalam seminar, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), dan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK). Perwakilan dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Rumah Sakit Mata Masyarakat (RSMM), Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Posyandu, dan Puskesmas juga hadir sebagai pembicara.

Materi seminar yang dilaksanakan selama 2-16 Juli 2022 meliputi berbagai topik yang menarik terkait kesehatan masyarakat di Indonesia. Topik-topik tersebut adalah Introduction to Indonesia, General Overview of Indonesian Public Health System, Indonesia Health Development Overview in the context of Covid-19 Pandemic, Covid-19 Pandemic in Indonesia, Disaster Mitigation in Indonesia, DHF and Malaria, Nutrition and Food Safety, Non-communicable Diseases, Sexual and Reproductive Health, HIV, Mental Health, dan Neglected Diseases. Para peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dalam kelompoknya mengenai topik yang dibahas setiap harinya dan di akhir pekan setiap kelompok diharuskan untuk mempresentasikan salah satu topik yang sudah dibahas pada pekan tersebut.

Selain seminar, kegiatan yang diikuti oleh 18 orang peserta tersebut meliputi kunjungan lapangan secara virtual ke rumah sakit, puskesmas, posyandu, pusat rehabilitasi Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (YAKKUM), Komunitas Kali Code, World Mosquito Program, dan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R). Untuk memperkaya khazanah pengetahuan para peserta, diadakan pula kelas bahasa oleh Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia (LBI UI).

Peserta juga mengikuti kelas memasak dan menari yang diselenggarakan oleh LBI UI. Program tersebut juga menghadirkan berbagai ahli sebagai narasumber antara lain Yudi Bachrioktora, S.Hum, M.A; Prof. dr. Purnawan Junadi, MPH, Ph.D; Dr. Ede Surya Darmawan, SKM, MDM; Dewi Nur Aisyah, SKM, MSc, DIC, PhD; Dr. dr. Brian Sriprahastuti, MPH; Prof. Dr. dr. Sabarinah, M.Sc.; dr. Iwan Ariawan, MSPH; Prof. dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D; Ahmad Syafiq, Ph.D; Agustin Kusumayati, Ph.D; Prof. Dr. dr. Ratna Djuwita Hatma, MPH; Dien Anshari, Ph.D; Dra. Omas Bulan Samosir; Prof. dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S., D.Sc.; dr. Nia Reviani, MAPS; Prof. Dr. Budi Anna Keliat, MappSc.; dan Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, M.Sc.