Skip links

Makara Hospitality Management UI Kolaborasi dengan PT Graha Sakura Nusantara Tingkatkan Pengelolaan Hotel

Makara Hospitality Management (MHM) Universitas Indonesia (UI) dan PT Graha Sakura Nusantara tanda tangani perjanjian kerja sama Pengelolaan Hotel dan Service Apartment Graha Makara Suite Jababeka, pada Selasa (19/7) lalu, di Wisma Makara UI. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat hunian dan mengembangkan usaha hospitality bagi HME. Melalui kerja sama ini, MHM diharapkan dapat menjalankan fungsinya sebagai pengelola hotel yang mempunyai standardisasi pelayanan dan kinerja terbaik demi meningkatkan pendapatan kedua belah pihak.

MHM merupakan salah satu unit kerja UI yang bergerak di bidang pengelolaan akomodasi dan perhotelan. MHM mengelola Wisma Makara UI di bawah pengawasan Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit Usaha (DPPU UI). Sementara itu, PT Sakura Nusantara merupakan perusahaan di bidang real estate serta pemasaran perumahan dan apartemen. Perusahaan ini merupakan entitas dari PT Telkom Property yang mengelola Grande Valore Tower C Hotel & Residence Jababeka.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA; Kepala Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat MHM Wisma Makara UI, Erick A. Soyer, CHA.; Direktur DPPU UI, TM Zakir Machmud. M.E,c., Ph.D.; Direktur Direktorat Kerja Sama UI, Dr. Toto Pranoto; Direktur PT UI Medikal, Irawan; Direktur PT Daya Makara UI, Fakhrudin; perwakilan dari PT UI Corpora, Rico; Komisaris Utama PT Graha Sakura Nusantara, Fandi Wijaya; Direktur Utama PT Graha Sakura Nusantara, Chandra GT Purba; Direktur Utama PT Nusantara Sukses Investama, Muhartono; serta jajaran DPPU dan Tim Legal PT Graha Sakura Nusantara.

Menurut Prof. Dedi, kerja sama ini menguntungkan dari segi ekonomi, sumber daya manusia, dan pengelolaan aset. Oleh karena itu, UI mendukung penuh kolaborasi ini dan berharap MHM tidak hanya mengelola hotel di Jababeka, tetapi juga berperan dalam mengelola hotel lain milik PT Telkom Property. “Semoga kedepannya, UI dengan PT Telkom Property dapat bekerja sama dalam bidang lain. Dengan adanya Hotel di Jababeka yang dikelola MHM, semoga keluarga besar UI dapat memanfaatkannya untuk meeting, libur keluarga, dan pertemuan penting lainnya,” kata Prof. Dedi.

MHM akan sepenuhnya mengelola dan menjalankan sistem operasional Graha Makara Suite yang terdiri atas 145 unit kamar. Pengelolaan hotel dan service apartment berlokasi di kawasan Industri Jababeka 1 Cikarang, Bekasi. “Dengan dijalinnya kerja sama ini, MHM berharap dapat menjalankan operasional hotel dengan sebaik-baiknya agar kepercayaan yang diamanahkan dapat dijalankan dengan baik. Kerja sama ini sekaligus menambah portofolio bagi MHM yang sebelumnya mengelola Wisma Makara dan Guest House Pusat Studi Jepang UI. Pada 2022, MHM ditargetkan dapat menjalin kerja sama dengan hotel lainnya,” kata Erick.

Penulis: Alfin Heriagus| Editor: Sasa

This post is also available in: English