Skip links

Sambut Tahun Ajaran Baru, Bus Kampus UI Siap Kelilingi Kampus Depok

Jelang memasuki semester baru, pemerintah telah melakukan penyesuaian aturan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka bagi Perguruan Tinggi. Guna mendukung penerapan perkuliahan tatap muka tersebut, Universitas Indonesia (UI) telah membuka dan mengoperasikan kembali fasilitas kampus yang sempat terhenti karena pandemi, salah satunya adalah bus kampus atau lebih dikenal dengan sebutan Bikun (Bis kuning) yang merupakan layanan gratis transportasi intrakampus di UI.

Layanan perdana bus kampus ini akan beroperasi mulai 1 Agustus 2022 sebanyak 5 unit dari 10 unit yang direncanakan. Bus kampus beroperasi pada Senin-Jumat dengan waktu keberangkatan pukul 06.54 WIB dan perkiraan waktu terakhir sampai Asrama Mahasiswa UI pukul 19.30 WIB. Khusus di hari Sabtu, bus kampus beroperasi hanya sampai pukul 17.00 WIB.

Bus kampus hadir dengan tujuan memudahkan akses mobilisasi bagi para sivitas akademika UI menuju fakultas dan fasilitas-fasilitas lainnya di UI. Rute layanan bus kampus terdapat dua jalur, yaitu rute lurus dan rute kanan. Berikut rute yang akan dilewati:

  1. Rute Lurus: Berangkat dari asrama mahasiswa – Halte Menwa – Halte Stasiun UI – Halte FH – Halte Balairung/PLK – Halte RIK – Halte FKM – Halte RSP – Halte FIK – Halte FMIPA – Halte Politeknik – Halte Vokasi/Stadion UI – Halte FT – Halte FEB – Halte FIB – Halte FISIP – Halte F.Psi -Halte Stasiun UI – Halte Menwa – Asrama Mahasiswa.
  2. Rute Kanan: Berangkat dari asrama mahasiswa – Halte Menwa – Halte Stasiun UI – Halte F.Psi – Halte FISIP – Halte FIB – Halte FEB – Halte FT – Halte Vokasi/Stadion UI – Halte Politeknik – Halte FMIPA – Halte FIK – Halte FKM – Halte RIK – Halte Balairung/PLK – Halte Masjid UI – Halte FH – Halte Stasiun UI – Halte Menwa – Asrama Mahasiswa.

Guna tetap menciptakan transportasi yang aman dan sehat, pengguna bus kampus diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan selama berada di dalam bus kampus. Sesuai dengan Persyaratan Transportasi pada Panduan Penyelenggaraan Kegiatan/Event Pada Tatanan Hidup Normal Baru Nomor: IK-UPTK3L-OHIH-33 tanggal 7 Juni 2022, selama berada di dalam bus kampus pengguna diwajibkan mengenakan masker, tidak makan dan minum, tidak berbicara selama di dalam bus dan tetap menjaga jarak. Sehingga, untuk saat ini bus kampus hanya menampung 50% dari kapasitas pengguna pada masa normal atau hanya sekitar 30-40 orang.

Hal lain yang patut diperhatikan juga bagi para pengguna bus kampus adalah tertib saat naik dan turun bus dari pintu depan, serta mengutamakan penumpang yang turun. Selain itu, yang perlu dihidupkan kembali adalah budaya mengucapkan “Terima kasih, Pak” pada supir bus kampus saat hendak turun. Hal ini telah menjadi kebiasaan para pengguna bus kampus khususnya di kalangan mahasiswa UI.