Skip links

UI dan Daewoong Foundation Operasikan Bioanalytical Laboratory UI-DF, Siap Kerja Sama dengan Eksternal

Dalam rangka mewujudkan entrepreneurial university, Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Daewoong Foundation (DF), meresmikan Bioanalytical Laboratory UI-DF yang dilengkapi dengan berbagai instrumen canggih yang dapat mendukung analisis biologi, kimia, dan pelengkap lainnya di bidang kesehatan, farmasi, biofarmasi, dan bioteknologi. Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D., dalam kata sambutan mengatakan, kolaborasi antara UI dan Daewoong Group ini mencerminkan komitmen UI untuk selalu berupaya menjadi institusi akademik yang unggul dan sebagai kontributor signifikan bagi perkembangan teknologi global melalui penelitian dan inovasi, terutama dalam produk farmasi dan kesehatan.

Pendirian Bioanalytical Laboratory UI-DF ini juga merupakan salah satu bentuk wujud komitmen UI untuk bertransformasi dari “research university” menjadi “entrepreneurial university”. Acara peresmian ini dilaksanakan di Balai Sidang, Kampus UI, Depok, pada Selasa (16/08).

“Secara historis, kerjasama kami dengan Daewoong Group dimulai pada tahun 2013 dengan mengadakan beasiswa dan program pendidikan bagi banyak mahasiswa UI berprestasi. Selama bertahun-tahun, kami telah berhasil mengembangkan kemitraan dengan mempromosikan berbagai kegiatan penelitian, di mana pada tahun 2019, UI dan Daewoong sepakat untuk membangun fasilitas penelitian baru bernama Bioanalytical Laboratory UI-DF yang terletak di lantai 4 Gedung ILRC Universitas Indonesia,” ujar Prof. Ari.

Lebih lanjut Prof Ari mengatakan, meski dalam kondisi pandemi, pembangunannya dapat selesai akhir tahun lalu sehingga acara peresmian ini menandai dimulainya pengoperasian Bioanalytical Laboratory UI-DF serta sebagai sarana sosialisasi terkait fasilitas laboratorium dan peluang kerjasama antar instansi dan eksternal baik dari pemerintah maupun swasta untuk mendorong kolaborasi penelitian yang kuat demi kemajuan layanan kesehatan dan industri biofarmasi Indonesia.

Laboratorium yang dibangun dengan menerapkan standar GLP (Good Laboratory Practice) ini berada di lantai 4, gedung ILRC UI dengan luas 336 m2. Lab ini dibangun dengan donasi dari Daewoong Foundation sebesar USD3.000.000 (Tiga Juta Dolar AS). Bioanalytical Laboratory UI-DF diharapkan dapat menjadi bagian dari Science Techno Park (STP) UI yang pada tahun ini juga akan segera dimulai proses pembangunannya.

Director of Daewoong Pharmaceutical Company Indonesia, Chang Woo Suh, Ph.D., menyampaikan, Daewoong Foundation didirikan dengan tujuan untuk berkontribusi pada peningkatan status kualitas kesehatan masyarakat dan kapasitas medis secara global. Berdasarkan dua tujuan tersebut, aspek pengembangan sumber daya manusia menjadi fokus utama yang melandasi program-program pembangunan yang diselenggarakan oleh DF. Untuk itu, DF selalu berupaya untuk berkontribusi bagi kemajuan pelayanan kesehatan dan industri biofarmasi Indonesia dengan menggandeng UI melalui pembangunan Bioanalytical Laboratory UI-DF.

Dalam acara peresmian tersebut turut hadir sebagai pembicara adalah Plt. Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dra. Togi Junice Hutadjulu, Apt., MHA., Direktur Kelembagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Dr. Lukman, S.T., M.Hum., dan Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI), Dr. Dra. Lucia Rizka Andalucia, Apt, M.Pharm, MARS.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K)., mewakili UI, dan Director of Daewoong Pharmaceutical Company Indonesia, Chang Woo Suh, Ph.D. Acara dihadiri oleh perwakilan Majelis Wali Amanat, Ketua Senat Akademik, para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, para Direktur, Ketua UI Halal Center dan para Dekan Fakultas.

Acara dilanjutkan dengan sesi pemotongan pita sebagai tanda peresmian Bioanalytical Laboratory UIDF mulai beroperasi. Setelah itu, para tamu undangan diajak berkeliling untuk melihat secara langsung alat-alat dan fasilitas yang ditawarkan Laboratory UI-DF.

This post is also available in: English