iden sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

UI Tennis Tournament 2023: Rencanakan Pembangunan Lapangan Tenis Bertaraf Internasional

Universitas Indonesia > Berita > Berita Highlight > UI Tennis Tournament 2023: Rencanakan Pembangunan Lapangan Tenis Bertaraf Internasional

Setelah sukses diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya, Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni (DPKHA) kembali menyelenggarakan UI Tennis Tournament 2023. Terdapat dua kategori yang dipertandingkan, yaitu invitasi beregu yang dilaksanakan pada 28-29 Oktober 2023 dan ganda perorangan yang diadakan pada 4-5 November 2023. Pada invitasi beregu, Pertandingan yang dimainkan terdiri dari tiga kategori umur (KU), yaitu KU Bebas, KU 90 (45+), dan KU 110 (55+).  Sedangkan, pada ganda perorangan terdiri dari empat kategori umur (KU), yakni KU Bebas, KU 80 (40+), KU 120 (60+), dan KU Eksekutif.

Berbeda dari tahun sebelumnya, turnamen kali ini terdapat kategori turnamen yang dipertandingkan dengan adanya tambahan kategori invitasi beregu. Kategori invitasi beregu ditujukan kepada para tim/regu tenis yang secara langsung diundang untuk berpartisipasi dalam turnamen tenis. Tim/regu tenis yang diundang berasal dari beberapa perusahaan/instansi yang aktif dalam kegiatan olahraga tenis.

“Hal ini juga sejalan dengan upaya DPKHA UI untuk semakin mengaktifkan olahraga tenis di lingkungan kampus UI. Selain itu, untuk mempromosikan rencana pembangunan kompleks lapangan tenis UI yang terdiri dari enam lapangan tenis outdoor dan satu lapangan tenis indoor. Pembangunan ini memerlukan support dari pihak luar utamanya perusahaan/instansi yang memiliki semangat yang sama dalam menggiatkan olahraga tenis di Indonesia,” ujar Direktur DPKHA UI Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D.

Lebih lanjut ia menyampaikan, sebagai universitas terunggul di Indonesia, sudah seharusnya UI memiliki fasilitas olahraga, termasuk tenis yang terstandarisasi. UI memiliki modal lokasi yang strategis untuk penyelenggaraan international tennis event. Dengan demikian, UI sebagai world class university juga memiliki fasilitas olahraga yang bertaraf internasional.

“Alhamdulillah, UI Tennis Tournament selalu ditunggu kehadirannya oleh para pecinta tenis yang jumlahnya makin membesar terus. Harapannya, semua pihak dapat ikut serta berkontribusi demi mewujudkan itu semua. Membangun UI berarti membangun negeri,” kata Ir. Syafiq.

Terdapat beberapa peserta yang bergabung dalam turnamen tahun ini, di antaranya Presdir PT. Bumi Kencana Eka Sejahtera – Sinarmas Group Dr. Hartana; Direktur Utama PT ANTAM Tbk Nicolas D. Kanter; Wakajati Papua Barat Dr. Teuku Rahman; Kajari Karawang Syaifullah; Dirbang Riset RSPAD Gatot Subroto Mayor Jenderal TNI DR.dr. Sutan Finekri Arifin Abidin, Sp.OG, K.F.M; Direktur Utama PT MURI Ir. Achmad Khairun, MM; Direktur PT Indotek Pungky Haryono; Kepala Biro Umum Kementerian Kelautan dan Perikanan Miazwir. S, STPI, M.M., dan Direktur Pasca Sarjana Politeknik Ahli Usaha Perikanan Prof. Sinung Rahardjo.

Beberapa mitra industri juga turut mendukung penyelenggaraan ini, yaitu PT Gemalindo Kreasi Indonesia, PT Paragon Technology and Innovation, PT. Indotek, PT Frisian Flag Indonesia, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, PT Propan Raya I.C.C, PT Mayora Indah Tbk, dan Tarzan Photo Studio.

“UI Tennis Tournament 2023 ini menjadi event tenis penting untuk UI agar cabang tenis terus maju mengingat potensi yang luar biasa yg dimiliki mahasiswa, dosen, tendik maupun alumni UI. Turnamen ini sekaligus menjadi event untuk mengundang para calon sponsor dalam rencana UI membangun 6 lapangan outdoor berstandar internasional yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan mulai dari pembinaan tenis, sampai pada penyelenggaraan turnamen berskala nasional dan internasional di bawah naungan PB. PELTI,” ujar Dr. Rokhmatuloh, S.Si, M.Eng., selaku Ketua Pelaksana UI Tennis Tournament 2023

 

Berikut adalah nama-nama pemenang dari masing-masing kategori:

Kategori Invitasi Beregu

  1. ARMY KEMHAN
  2. MABES POLRI
  3. BANK MANDIRI dan PELINDO

Kategori Ganda Perorangan

KU Bebas

  1. Rifqi Choiroer Rijal/Bagus Laksono (Mabes POLRI)
  2. Fabianus Marintis/Erlangga AW (TBS-P)
  3. Kodrat Mardhotillah/Bagus Angga (DTC) dan Tubagus Syamsul/Ahmad Mutamir (ASTA UI/TRISAKTI)

KU 80 (40+)

  1. Ferdi Fauzi/Fidel Reliubun (HUSHAA)
  2. Tubagus Syamsul/Ahmad Mutamir (ASTA UI/TRISAKTI)
  3. Mendy Arifandi/Miftakhul Ulum (ASTA UI/Blangbentong) dan Ely Miharjo/Dodik Damudi (HUSHAA)

KU 120 (60+)

  1. Syahrul Effendi/Puji Arnowo (RAMPAL TENNIS CLUB)
  2. Surachmat/Taryanto (GRIYA DEPOK ASRI)
  3. Hari Budi Winarno/Herman Prasetyo (BI/CTUI) dan Yani Achyani/Agus Pribadi (SIXERS TENNIS CLUB)

KU Eksekutif

  1. Indrawan Tauhid/Edward Chamdani
  2. Achmad Khairun/Ely Miharjo
  3. Pungky Haryono/Effendi dan Martono Hadipranoto/Wahyu

 

 

Penulis: Maudisha

This post is also available in: English

Related Posts