Skip links

Tendik FIK UI Ikuti Erasmus International Staff Week di Romania

Firman Amirulloh S.Kep., merupakan tenaga kependidikan (Tendik) dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) yang berkesempatan mengikuti Erasmus International Staff Week yang diselenggarakan oleh  Erasmus+ Foundation ke Romania, Eropa Timur. Kegiatan pertukaran tenaga kependidikan ke luar negeri ini bertujuan untuk bertukar informasi mengenai sistem pendidikan lokal beserta budayanya, menambah pengetahuan, dan kemampuan tenaga kependidikan dari berbagai belahan dunia.

Firman mengatakan, kegiatan yang dilakukan selama mengikuti Erasmus+ International Staff Week di West University of Timișoara ini terdiri dari sharing experience mengenai cara menciptakan instansi pendidikan agar bisa lebih maju di dunia internasional. Selain itu, terdapat materi-materi untuk menunjang kinerja tenaga kependidikan, misalnya cara mengelola stres dan menguatkan networking. Selain itu, kegiatan lainnya adalah Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan studi kasus yang diberikan pihak penyelenggara dan para peserta mendiskusikan pemecahan masalahnya serta presentasi dari perwakilan masing-masing negara yang ikut serta dalam kegiatan ini.

Firman Amirulloh

“Kesannya adalah saya tidak akan berhenti disini. Prinsip hidup saya ‘The best way to find yourself is to lose yourself in the service of others’, saya akan menularkan apa yang saya dapat kepada temen tendik lain agar bisa lebih melek terkait peningkatan skill tendik agar bisa berperan secara institusi, nasional, dan internasional. Saya juga sekarang sedang persiapan untuk ikut kegiatan pelatihan tendik ke Amerika. Saat ini, saya sedang menyiapkan esai.  Saya ingin tetap menginspirasi dan lebih percaya diri bahwa tendik juga dapat berperan secara profesional untuk ikut serta memajukan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujar Firman.

Setelah pulang ke Indonesia, Firman ingin mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah ia dapatkan, khususnya di bidang networking. Firman ingin memperkuat hubungan luar negeri FIK UI dan memperkenalkan FIK UI ke dunia. Dari sisi personal, seminar yang dilakukan di Romania membantu Firman dalam mengelola stres dan melakukan brainstorming.

Erasmus+ International Staff Week merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan bagi staf pendidikan tinggi dan lembaga penelitian dari berbagai negara di dunia untuk belajar. Kegiatannya meliputi transfer informasi atau pengetahuan teknis dalam lembaga mitra sehingga memperoleh keterampilan praktis untuk diterapkan dalam pekerjaan mereka saat ini dan relevan dalam pengembangan diri profesional. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali tenaga kependidikan dengan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam masyarakat yang dinamis, semakin mobile, multikultural dan digital. Erasmus+ International Staff Week 2022 diikuti 20 negara dengan total kurang lebih 100 peserta dari perwakilan berbagai negara.

This post is also available in: English