id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

UI Institusi Pendidikan Terbaik Di Tanah Air Versi QS World University Rankings 2013/2014

Universitas Indonesia > Berita > UI Institusi Pendidikan Terbaik Di Tanah Air Versi QS World University Rankings 2013/2014

Universitas Indonesia (UI) kembali dinobatkan sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS World University Rangkings 2013/ 2014. UI satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam 300 besar universitas terbaik dunia. Berdasarkan penilaian yang dikeluarkan QS World University Ranking di periode tahun ini UI menempati urutan ke 309 dengan skor 39,40. Selain UI, beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang berada dalam pemeringkatan QS World University Ranking adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat 461-470 , Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat 501-550, Universitas Airlangga (Unair) di peringkat 701, Institut Pertanian Bogor (IPB) di peringkat 701, Universitas Diponegoro (Undip) di peringkat 701, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di peringkat 701 dan Universitas Brawijaya di peringkat 701. Dalam daftar QS World Rangkings tahun ini 10 peringkat teratas masih dipegang oleh universitas yang berada di Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Peringkat pertama dipegang oleh Institut Teknologi Massachusetts diikuti oleh Universitas Harvard.

Ada enam indikator yang menjadi penilaian dalam pemeringkatan QS kali ini, yaitu reputasi akademik, reputasi pegawai, rasio mahasiswa di tiap fakultas, jumlah citation per fakultas, serta jumlah mahasiswa internasional  dan pengajar internasional . UI mendapat skor 48.80 untuk reputasi akademik, 67, 40 untuk reputasi pegawai, 56.30 untuk rasio mahasiswa di tiap fakultas, jumlah citation per fakultas 1.50, jumlah mahasiswa internasional 4.40, dan pengajar internasional 24.80

Menanggapi prestasi ini, Junaidi, S.S., M.A ,Kepala Kantor Internasional UI, mengatakan bahwa masih ada yang harus diperbaiki kedepannya agar UI dapat terus meningkatkan peringkatnya di lembaga-lembaga pemeringkatan internasional seperti QS, terutama masalah jumlah dosen dan mahasiswa asing yang masuk ke Indonesia, serta jumlah publikasi ilmiah akademisi Indonesia di jurnal internasional. Menurutnya ada tiga hal yang harus dilakukan UI kedepannya, ” Pertama, data harus terpusat. Semua unit kerja dan fakultas memberikan data terkini untuk di-submit ke bagian database. Yang kedua, buat perencanaan dan implementasi program terkait indikator QS, umumnya mirip Restra UI. Yang ketiga, lakukan internasionalisasi secara terprogram dan terencana, karena jumlah mahasiswa dan dosen asing yang masuk ke kita memang masih kurang, ” ungkapnya.

QS World University Rangkings merupakan daftar tahunan universitas terbaik dari seluruh dunia. Data-data dikumpulkan oleh QS Intelligence Unit yang berkonsultasi dengan dewan penasihat internasional yang terdiri dari para akademisi terkemuka. Dalam mempublikasikan hasil pemeringkatannya selain melalui jalur online, QS World University Rankings juga mempublikasikan hasil pemeringkatannya di beberapa media internasional yang menjadi mitranya seperti US News & World Report, Chosun Ilbo, The Sunday Times dan Nouvel Obervateur. Pengolahan dan analisis data peringkat QS World Rangking dilakukan menggunakan Scopus System. Tahun ini sebanyak 62.094 akademisi dan 27.957 pegawai di institusi pendidikan turut berkontribusi dalam pengisian survei untuk memperoleh hasil peringkat tersebut. (WND)

Related Posts

Leave a Reply