iden sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

UI Terbaik Se-Asia Versi Qs Sustainability Ranking 2024, Unggul pada Indikator Governance

Universitas Indonesia > Berita > Berita Highlight > UI Terbaik Se-Asia Versi Qs Sustainability Ranking 2024, Unggul pada Indikator Governance

Universitas Indonesia (UI) masuk peringkat 3 besar se-Indonesia versi QS Sustainability Ranking 2024. UI juga menduduki peringkat =426 dari 1.403 universitas di dunia dan peringkat =89 dari 478 universitas di Asia. Penyelenggaraan QS Sustainability Ranking 2024 merupakan edisi kedua setelah sebelumnya diadakan pada Oktober 2022. UI tercatat unggul pada indikator Governance, dengan meraih prestasi global yang menjadikannya nomor 1 di Asia (score sebesar 94), yang diikuti Sungkyunkwan University sebesar 93 dan Seoul National University sebesar 92,6.

Tahun ini, QS menambahkan Governance sebagai indikator utama selain dua indikator lain, yakni Environmental Impact dan Social Impact. Indikator Governance dalam penilaian QS Sustainability Ranking melengkapi konsep Environmental, Social, Governance (ESG) yang saat ini dikembangkan dalam berbagai riset perguruan tinggi terkait tata kelola perusahaan. Tujuannya adalah untuk menilai apakah sebuah institusi memiliki tata kelola yang kuat, misalnya melalui pengambilan keputusan yang terbuka, budaya organisasi etis yang holistik, keterwakilan mahasiswa di badan pimpinan universitas, dan transparansi keuangan. Pada tiga indikator penilaian QS Sustainability Ranking 2024, UI mengalami kenaikan peringkat untuk aspek Knowledge Exchange dalam indikator Social Impact.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D, mengatakan bahwa saat ini pendidikan dan riset di seluruh dunia telah mengadopsi konsep ESG sebagai tema utama untuk melahirkan inovasi yang berdampak bagi masyarakat. Isu ESG menjadi semakin penting dalam pendidikan tinggi karena universitas merupakan pemain kunci dalam membangun masa depan yang berkelanjutan dan adil.

‚ÄúDengan meraih posisi langsung tertinggi di Asia untuk indikator Governance, menunjukkan bahwa UI terus berkomitmen memperkuat Tata Kelola Universitas dengan perspektif ESG. Dengan demikian hal tersebut menjadi fondasi yang kuat dalam mewujudkan sustainable campus kelas di masa mendatang,” ujar Vishnu Juwono, Kepala Biro Transformasi, Manajemen Resiko dan Monitoring Evaluasi (TREM) UI.

Lewat tiga indikator penilaian yang ditetapkan dalam QS Sustainability Ranking 2024, perguruan tinggi semakin sadar akan pentingnya kurikulum tentang kelestarian lingkungan, terutama yang berkaitan dengan jejak karbon, energi terbarukan, serta program daur ulang dan pengurangan limbah. Universitas juga berkewajiban untuk memastikan akses pendidikan yang adil bagi seluruh mahasiswa, serta memastikan adanya tata kelola yang baik, sehingga universitas mampu bekerja secara terbuka dan akuntabel, memiliki sistem manajemen yang baik, dan mematuhi peraturan yang berlaku.

 

Penulis: Sasa

Related Posts